PENGERTIAN COMPANY PROFILE

Company Profile merupakan penjelasan mengenai perusahaan termasuk produknya secara verbal maupun grafik yang mengangkat corporate value serta product value serta keunggulan perusahaan dibandingkan pesaing berdasarkan kedua value diatas.
Corporate value atau nilai-nilai
perusahaan tercemin dalam beberapa hal berikut :
1. Sejarah Berdirinya
Usaha
Sejarah berdirinya
usaha menggambarkan kepada pihak-pihak lain yang berhubungan dengan perusahaan
ataupun kosumen mengenai dasar atau landasan usaha ini berdiri apakah cukup
kuat secara pengalaman dan keutuhan individu yang terlibat didalamnya.
2. Visi & Misi
Usaha
Visi merupakan cita-cita
yang ingin dicapai oleh usaha kita dalam jangka panjang atau dengan kata lain
perusahaan dalam periode tertentu ingin menjadi perusahan yang seperti apa ?
(What to Be ?)
Misi merupakan cara-cara
yang digunakan usaha dalam mencapai visi usaha (How to Be ?). Misi dapat berupa
pernyataan kalimat atau kata yang mengingatkan pelaku usaha untuk bekerja
sesuai Misi dalam mencapai tujuan perusahaan.
3. Struktur Organisasi
Struktur organisasi
berisi susunan/hirarki tanggungjawab pekerjaan dalam perusahaan berikut nama
individu pada masing-masing pekerjaan. Kegunaan struktur organisasi dalam
company profile adalah agar konsumen atau pihak-pihak lain yang bekerjasama
dengan perusahaan dapat mengetahui person in charge yang langsung
berhubungan dengan mereka dalam pekerjaan ataupun masalah.
4. Kinerja Perusahaan
Kinerja perusahan terdahulu dapat dibedakan
atas :
• Pengalaman Pekerjaan
Terdahulu
Pengalaman perusahan
dalam menanggani pekerjaan terdahulu dapat dilakukan secara verbal/tulisan
ataupun visual/grafik dengan menampilkan dokumentasi foto/video hasil pekerjaan
tersebut.
• Laporan Keuangan
Perusahaan
Laporan keuangan
perusahaan diperlukan bergantung kepada kebutuhan akan company profile
tersebut. Apabila company profile dibutuhkan dari segi keuangan seperti
untuk investasi/saham atau kerjasama dengan lembaga keuangan maka laporan
keuangan perusahaan diperlukan sebagai data penting dalam pertimbangan
kerjasama tersebut. Sedangkan apabila company profile tidak dibutuhkan dalam
segi keuangan atau company profile dibutuhkan oleh klien/konsumen yang
membutuhkan produk/servis perusahaan maka laporan keuangan tidak dibutuhkan.
Laporan keuangan
perusahaan hanya ditampilkan dalam company profile pada media print saja tidak
di media lain atau media televisi.
Product Value atau nilai-nilai
produk/servis yang dihasilkan oleh perusahaan dapat dicerminkan oleh
faktor-faktor marketing mix khususnya 7P yaitu Product, Price, Promotion,
Placement, People, Process, dan Physical Evidence. Penjelasan dari
masing-masing marketing mix adalah sebagai berikut :
1. Product
Strategi
mengenai bagaimana produk usaha kita dapat menarik hati konsumen untuk
membelinya. Produk usaha kita dapat dibedakan berdasarkan mutu / kualitas,
ukuran, desain, kemasan, dan kegunaan lebih dibandingkan pesaing.
2. Price
Strategi mengenai
bagaimana produk kita lebih menarik konsumen dari segi harga dibandingkan
pesaing. Umumnya konsumen lebih tertarik kepada produk dengan harga yang lebih
murah. Selainnya itu dari segi harga, kita dapat membedakan produk kita
berdasarkan harga satuan dan harga grosir, syarat pembayaran, diskon/potongan
harga, serta sistem buy 1 get 1 free.
3, Promotion
Strategi mengenai
bagaimana produk kita dapat dikenal oleh konsumen melalui beberapa cara :
• Advertising
(Iklan)
Beriklan dapat
dilakukan melalui media berikut :
o Media Cetak : Brosur,
spanduk, poster, iklan majalah/koran.
o Media TV dan Radio
(Broadcast) : Iklan TV, Iklan Radio
• Sales Promotion
Promosi melalui acara /
pameran yang digelar di tempat keramaian dimana konsumen produk berada dan juga
dilakukan penjualan ditempat.
• Personal Selling
Promosi melalui
penjualan langsung ke tempat konsumen berada dengan menawarkan dan kemungkinan
untuk dapat mencoba produk secara langsung.
• Public Relation
Cara promosi ini
cenderung untuk membuat image perusahaan baik dimata konsumen bukan
mempromosikan produk secara langsung. Umumnya dilakukan oleh perusahaan besar.
4. Placement
Merupakan
cara untuk mendistribusikan produk kita untuk sampai ke tangan konsumen. Sistem
distribusi yang dilakukan dapat secara langsung ke konsumen atau melalui
pedagang perantara seperti wholesaler (pedagang besar) atau retailer (pedagang
kecil).
5. People
Merupakan kriteria
sumber daya manusia secara umum yang dapat meningkatkan penjualan produk ke
konsumen secara langsung ataupun tidak langsung.
6. Process
Proses yang ditampilkan
kepada konsumen agar konsumen tertarik untuk membeli. Proses yang dapat
ditampilkan seperti proses produksi yang baik ataupun proses pelayanan terhadap
konsumen.
7. Physical Evidence
Penampilan
fisik serta keadaan dari fasilitas pendukung atau sarana dalam menjual produk
yang dapat dilihat langsung oleh konsumen. Seperti tempat yang menarik dan
bersih untuk restoran.
Sumber : 3.
Company Profile yang Efektif.pdf (Universitas Gunadarma)
0 Comments