Sumberdaya Manusia dalam Pembuatan Company Profile

SUMBERDAYA MANUSIA DALAM PEMBUATAN COMPANY PROFILE


Dalam pembuatan company profile umumnya dilakukan oleh suatu tim yang dibentuk dalam suatu marcom agency. Tim tersebut terdiri atas :

1. Bagian Konsep dan Pengembangan.
Konsep dan pengembangan dilakukan bersama oleh perusahaan dan advertising agency berdasarkan atas tujuan dari company profile dan bagian-bagian atau semua bagian dari corporate value dan product value yang akan diangkat sebagai key point company profile. Konsep dan Pengembangan ini dituangkan

dalam penjelasan deskriptif yang akan ditindaklanjuti oleh bagian kreatif dan produksi. Pekerjaan yang pada bagian/departemen ini adalah :
Researches (Peneliti Lapangan)
Posisi ini tidak harus dimiliki sebuah marcom agency karena tugas untuk meneliti pasar perusahaan dan perilaku konsumen dapat dilakukan secara outsourcing dengan lembaga riset pemasaran yang cukup banyak di Indonesia seperti Survey Research Indonesia, AC Nielsen, Frontier, MarkPlus dan lain-lain.
Media Analyst
Pekerjaan ini adalah menganalisa media-media yang tepat bagi perusahaan untuk dapat menempatkan company profile mereka agar tepat sasaran kepada target audience perusahaan. Media Analyst juga melakukan analisa biaya yang sesuai dengan budget perusahaan.
Other Skill
Pekerjaan-pekerjaan lain dalam bagian konsep dan pengembangan adalah Account Executive yang berperan sebagai penghubung antara perusahaan dengan marcom agency dari pihak marcom agency sehingga terjadi kesepakatan pendapat dalam pembuatan company profile. Marketing Manager atau Marketing Communication Manager berperan dalam penghubung antara perusahaan dengan marcom agency dari pihak perusahaan. Kedua pekerjaan diatas bekerja berdasarkan data-data yang didapat oleh researchers dan media analyst.

2. Bagian Kreatif dan Produksi 
   Bagian kreatif adalah bagian yang menterjemahkan konsep menjadi visual dan grafik yang disesuaikan dengan perilaku / karakteristik konsumen dari produk.
Pada bagian ini berisi orang-orang yang memiliki jiwa kreativitas dan seni yang baik serta mampu menterjemahkannya pada orang lain khususnya konsumen.
Bagian produksi adalah bagian yang membuat konsep kreatif yang telah dituangkan dalam visual dan grafik menjadi bentuk media company profile umumnya media print (pasif) dan media TV (dinamis).
Pekerjaan-pekerjaan dalam bagian kreatif dan produksi adalah sebagai berikut :
Photographers atau Cameraman
Photographers adalah tenaga ahli dalam bidang fotografi yang menterjemahkan obyek visual menjadi dua dimensi dalam bentuk foto yang sesuai dengan konsep. Cameraman adalah tenaga ahli dalam bidang audio visual yang menterjemahkan konsep menjadi urutan kejadian / scene dalam bentuk film/movies.

Writers atau Penulis Skenario atau Editor
Pekerjaan Writers atau Penulis Skenario dalam pembuatan company profile pada media TV (dinamis) adalah menterjemahkan konsep dengan data-data dari bagian konsep dan pengembangan menjadi urutan-urutan kejadian/scene dengan dialog-dialog atau narasi dalam company profile.
Pekerjaan Writers atau Editor dalam pembuatan company profile pada media print ad adalah menyelaraskan konsep yang telah dibentuk dengan hasil fotografi menjadi suatu kesatuan naskah yang menjadi isi dari company profile.

Artist
Artis merupakan figur-figur yang ditampilkan baik dalam print ad ataupun TV ad. Figur artis ini dapat mencerminkan pemakai produk/servis yang menjadi konsumen perusahaan ataupun individu-individu dalam perusahaan khususnya pemimpin perusahaan yang menjelaskan serta menggambarkan keadaan perusahan.

Other Support
Support atau pendukung dalam bagian produksi sangatlah banyak tetapi secara umum dapat dibedakan antara lain lighting and sounds, administrasi dan keuangan, konsumsi dan property crew (kostum, tempat, fasilitas pendukung dll).
Peran support ini sangatlah penting dalam menunjang kelancaran pembuatan company profile karena tanpa adanya mereka mustahil pembuatan company profile dapat berjalan dengan baik.


Sumber : 3. Company Profile yang Efektif.pdf (Universitas Gunadarma)

Post a Comment

1 Comments